Info: Matikan adblok untuk lewati link!

Bleach TYBW: Kenapa Tidak Ada yang Mengenali Isshin sebagai Mantan Kapten?

Bleach: Thousand-Year Blood War menyoroti sejarah Isshin Kurosaki tentang bagaimana dia pernah menjadi Kapten Divisi ke-10 dan kemudian menjadi pemilik klinik sederhana di Kota Karakura. Penonton diperlihatkan bagaimana Isshin dan Masaki Kurosaki bertemu, bagaimana ikatan mereka terbentuk dari waktu ke waktu, bagaimana Isshin kehilangan kekuatan Soul Reaper-nya dan lahirnya White dalam jiwa Ichigo Kurosaki. Garis waktu peristiwa ini akan membuat Isshin meninggalkan Soul Society mungkin 40 tahun sebelum awal cerita. Dalam umur Soul Reaper, 40 tahun hanya sekejap.

Hal ini menimbulkan pertanyaan: kenapa tidak ada seorang pun di Soul Society yang mengenali Isshin sepanjang seri? Baik Tōshirō Hitsugaya dan Rangiku Matsumoto berada dalam skuadnya - peringkat ketiga dan Wakil Kapten masing-masing - dan banyak kapten Gotei 13 saat ini memegang posisi itu bersama Isshin. Menjadi kapten dalam Gotei 13 praktis adalah status selebriti di Soul Society, nama, wajah, dan tekanan spiritual mereka dapat dikenali bahkan oleh Soul Reaper peringkat terendah. Beberapa faktor yang mungkin telah berkontribusi untuk memastikan kerahasiaan Isshin di Dunia Manusia, bahkan jika itu tidak sepenuhnya dijelaskan.


Metode dan Efek Isshin Kehilangan Kekuatan Soul Reaper-nya


Dijelaskan bahwa bagi Isshin untuk menyelamatkan nyawa Masaki dari Hollow di dalam jiwanya, dia harus menggunakan kekuatannya untuk menekan infeksi White. Itu lebih dari sekadar melemahkannya; metode menyelamatkan Masaki akan merampas setiap tetes kekuatan roh yang dia miliki. Ini berarti dia tidak akan dapat menggunakan kekuatan Soul Reaper apapun, mendeteksi orang lain dengan kehadiran spiritual dan bahkan akan kehilangan kemampuan untuk melihat hantu. Isshin akan menjadi manusia sepenuhnya tanpa sedikitpun firasat tentang dunia spiritual. Setelah kehilangan kekuatannya, wajar saja jika ia kemudian tidak mungkin dirasakan oleh mereka yang memiliki tekanan spiritual.

Gigai yang diciptakan oleh Kisuke Urahara benar-benar menyembunyikan Isshin dari Soul Society, yang telah melakukan kejahatan yang dapat dihukum dengan mentransfer kekuatannya ke Masaki. Namun, ada efek sekunder dari transformasi tersebut. Isshin bukan hanya manusia dalam hal kekuatannya tetapi juga kefanaannya. Fakta bahwa 40 tahun adalah waktu yang singkat untuk Soul Reaper relevan dengan persepsi mereka tentang penuaan.

Bagi mereka, akan ada sedikit perubahan dalam penampilan Soul Reaper setelah 40 tahun - tetapi penampilan manusia dari remaja hingga pria paruh baya dapat membuat seseorang tidak dapat dikenali. Meskipun mungkin tampak seperti hal yang konyol bahwa mereka yang melihatnya tidak mengenalinya karena usia, persepsi waktu untuk Soul Reaper Bleach membuat hal ini dapat dipercaya.

Tidak Banyak Soul Reaper yang Melintasi Jalan Isshin Kurosaki


Mengenai Soul Reaper yang benar-benar bersentuhan dengan Isshin, hanya ada sedikit. Tepat setelah dia mulai mendapatkan kembali kekuatannya, hanya ada segelintir bahkan di dalam kehadirannya, apalagi mereka yang memiliki interaksi tatap muka. Sementara Rukia Kuchiki dekat dengan Kaien Shiba sebelum datang ke dunia manusia, dia adalah Soul Reaper peringkat rendah dan baru saja lulus di Divisi ke-13, dan tidak mungkin dia bahkan melihat Isshin sebelum dia meninggalkan Soul Society.

Sementara Hitsugaya dan Matsumoto berada di Klinik Kurosaki, tidak ada saat-saat Isshin hadir pada saat yang sama. Bahkan jika mereka bisa mengenalinya, tidak ada kesempatan untuk reuni. Ini mungkin oleh desain Isshin; mereka menyelinap ke dalam klinik, langsung ke kamar Ichigo dan kemudian pergi, tapi Isshin tetap jauh dari interaksi tersebut. Karena gigai dan kekuatannya yang baru saja kembali, ia kemungkinan masih benar-benar tersembunyi dari yang dirasakan. Isshin akan segera berada di hadapan banyak Soul Reaper saat menggunakan kekuatannya, tetapi bahkan saat itu, Soul Society tidak menyebutkan siapa dia sebenarnya.

Kenapa Tekanan Spiritual Isshin Tidak Ditandai dalam Soul Society


Banyak karakter Bleach, termasuk Urahara dan Visored, bertindak di dalam Kota Karakura tanpa terdeteksi oleh Soul Society. Hal ini bisa disebabkan oleh Soul Society yang tidak memiliki pelacakan energi spiritual 'waktu saat ini' di Dunia Manusia, Kota Karakura menjadi sarang aktivitas spiritual yang membuatnya lebih sulit untuk menentukan energi spiritual yang tepat yang belum dikirim oleh Soul Society, atau metode lain dari Urahara untuk melindungi mereka yang berada di Karakura dari tatapan waspada Society.

Hal ini juga tersirat bahwa kekuatan Ichigo dan Isshin sangat mirip melalui penggunaan Getsuga Tenshō bersama mereka. Ichigo menerima semua kekuatannya dari Masaki - kekuatan Quincy-nya, kekuatan Hollow White dan kekuatan Soul Reaper Isshin yang menekan hollow di Masaki. Hal ini menyiratkan daripada ketika kekuatan Isshin kembali dan dia membunuh Grand Fischer, bukan tidak mungkin Soul Society menganggap tekanan spiritual itu adalah Ichigo, jika mereka bisa mendeteksinya sama sekali.

Hal yang sama berlaku untuk pertempuran di Kota Karakura Palsu. Sementara banyak Soul Reaper yang hadir, mereka dipukuli dengan parah atau tidak sadar, kemungkinan membuat mereka tidak menyadari secara spesifik pertempuran Isshin dan Sōsuke Aizen.

Hubungan Isshin Kurosaki dengan Gotei 13 lainnya


Fakta yang lebih kecil tetapi patut dicatat tentang Isshin selama menjadi kapten adalah kurangnya interaksi dengan rekan-rekannya. Disebutkan dalam arc "Turn Back the Pendulum" Bleach bahwa Kapten Divisi ke-10 jarang menghadiri pertemuan atau menganggap serius posisinya. Mempertimbangkan pertemuan yang minim dengan anggota Gotei 13 lainnya dan sifatnya yang suka menyendiri, tampaknya Isshin bukanlah orang yang paling bersahabat dengan kapten lainnya. Meskipun hal ini tidak akan menjelaskan ketidaksadaran sepenuhnya tentang dia atau energi spiritualnya, hal itu akan menjelaskan bagaimana banyak orang yang mengenalnya secara sepintas atau sesaat tidak akan mengenali fitur-fiturnya yang berusia 40 tahun.

Bukan tidak mungkin bahwa setelah pertempuran Kota Karakura Palsu, Gotei 13 tahu tentang Isshin tetapi memilih untuk tidak melakukan apa-apa. Banyak tradisi yang diharapkan dari Soul Society yang membungkuk untuk mendukung Ichigo dan mengembalikan beberapa Visored kembali ke dalam barisan mereka. Karena Ichigo adalah sekutu yang berharga, tidak masuk akal untuk mengejar Isshin. Alasan teori ini sulit untuk dipertimbangkan adalah karena hubungan yang ditunjukkan antara Isshin dan bawahannya, dan bahkan tidak disebutkan adanya interaksi membuat situasi dipertanyakan.

Bisa jadi pencipta Bleach, Tite Kubo, bertentangan dengan ceritanya dengan tidak mengintegrasikan poin ini lebih awal dan mengabaikan kemungkinan lubang plot. Tetapi dengan bukti-bukti in-universe yang disajikan, tentu saja mungkin Isshin mampu merahasiakan identitasnya sampai akhir.

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
More Details